Resep Cara Membuat Dorayaki Menggunakan Teflon

Thursday, December 8th, 2016 - Kue, Kue Basah, Makanan Luar Negeri

Sore numpang berbagi keberhasilan saya membuat dorayaki dari resepnya bunda odila wahyu tapi sudah saya modifikasi. Ini postingan perdana saya juga lho. Selesai ini tadi hanya dapat 3 dorayaki saja. Menurut saya resep modifikasi dyana terlalu manis, jadi madu dan gula bisa dikurangi.

Cara Membuat Dorayaki

Dorayaki

Cantik kan bentuknya? walaupun begitu hanya pakai teflon saja mbak nggak pakai cetakan. Ditaruh tengah-tengah teflonnya. Adonan yang dimasukkin teflon cukup pakai centong kuah tapi nggak penuh. Sebenernya tergantung selera sih mbak kalau mau digedein banyakin, kalau mau dikecil-kecilin sedikit saja naruhnya. Terus adonannya nggak kental-kental banget kok cukupan. Kayak adonan pancake.

BANDINGKAN!!

>Cara Membuat Dorayaki Sederhana

>> Resep Dorayaki Bentuk Bula

Punya saya bagus kan coklat banget? Tipsnya mudah yaitu segera ditutup kalau sudah ada tanda gelembung-gelembung gitu biar atasnya bisa segera matang juga. Saya kan bikin satu-satu jadi yang separuhnya jadi saya olesi isi sambil nunggu separuhnya matang. Kalau separuhnya sudah matang langsung tak taruh diatasnya tadi itu sambil nunggu adonan selanjutnya matang. Saya rekatin deh cara saya gitu.

Resep Dorayaki

Bahan:

  • 1 butir telur
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdm madu, boleh madu apa saja
  • 8 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdm baking powder
  • Air kurang lebih 50 ml

Cara Membuat Dorayaki

  1. Masukkan telur, gula pasir dan madu dalam mangkok kemudian aduk pakai garpu sampai tercampur rata.
  2. Masukkan sedikit demi sedikit tepung sambil terus diaduk sampai tepung habis dan rata.
  3. Masukkan baking bowder, aduk lagi sampai rata.
  4. Terakhir masukkan air, aduk sampai rata.
  5. Diamkan adonan sebentar sambil nunggu teflon panas.
  6. Setelah teflon panas, kecilkan api (kecil banget) masukkan adonan sesuai selera.
  7. Kalau sudah terlihat ada gelembung-gelembung meski masih terlihat tidak pecah atau lubang-lubang dipermukaannya tutup adonan.
  8. Tunggu sampai matang.
  9. Isi hasil dengan topping sesuai selera (saya tadi pakai selai starwberry).
  10. Tutup atasnya dengan adonan yang lain.

Tidak semua bunda memiliki teflo kan? kalau wajannya masih bersih (tidak ada sisa makan sebelumnya yang belum sempurna dibersihkan) bisa dipakai. Dioles pakai minyak goreng sedikit saja. Saya pakai kuas ngolesinnya biar tipis dan rata. Selesai sudah Resep Cara Membuat Dorayaki Menggunakan Teflon, eh pakai wajan juga bisa.

Resep Cara Membuat Dorayaki Menggunakan Teflon | admin | 4.5